IBKS

Jakarta, Divisi IBKS - Pada Jumat (17/03/2023) Divisi IBKS mengadakan kegiatan trauma healing dan bantuan sosial kepada peserta didik korban kebakaran Dipo Pertamina Plumpang, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Kegiatan trauma healing dilaksanakan di dua tempat dan dua hari yang berbeda. Kegiatan pertama dilakukan pada hari Jumat, 17 Maret 2023 di SMAN 13 Jakarta dan kegiatan kedua dilakukan pada Senin, 20 Maret 2023 di SDN Rawa Badak Selatan. 

Kegiatan Pembukaan Trauma Healing

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Divisi IBKS, di mana teman-teman guru BK (konselor) dapat mengamalkan ilmunya dalam memberikan bantuan yang bersifat sosial dan digabungkan dengan kegiatan bakti sosial yang berkolaborasi dengan PGRI DKI Jakarta dan Rumah BK. Selain itu, kegiatan trauma healing didukung penuh oleh Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara. 

Ketua Pusat Divisi IBKS, yaitu Dra. Tuti Sukarni, M. Si., Kons. yang juga menjabat sebagai Kepala SMAN 13 Jakarta berkeinginan untuk memberi bantuan dan menangani tiga peserta didik SMAN 13 Jakarta yang rumahnya terdampak kebakaran dan 33 orang yang berdampak untuk mendapatkan pendampingan psikologis yang dijadwalkan tepat dengan Jumat Berkah dengan memberikan konseling. 

"Niat baik tersebut ternyata alhamdullilah mendapatkan dukungan dari Sudin Pendidikan II. Pihak Sudin Pendidikan Wilayah II dengan ini meminta agar kegiatan trauma healing juga dilaksanakan bagi anak-anak dari sekolah lain yang terdampak kebakaran Dipo Pertamina Plumpang. Atas permintaan tersebut, kami bersama teman-teman sepakat membantu," - Dra. Tuti Sukarni, M. Si., Kons.

Peserta kegiatan pendampingan psikologis Jumat, 13 Maret 2023

Kegiatan pendampingan psikologis pada hari Jumat ini dilakukan untuk peserta didik pada jenjang SMP, SMA, dan SMK yang terdampak kebarakan Dipo Pertamina Plumpang. Sedangkan pelayanan pendampingan psikologis bagi peserta didik yang duduk di bangku TK dan SD akan dilaksanakan pada Senin, 20 Maret 2023 di SDN Rawa Badak Selatan.

Pada kesempatan hari Jumat, 17 Maret 2023 teman-teman Divisi IBKS yang turut hadir dalam memberikan pendampingan psikologis adalah

  1. Dra. Tuti Sukarni, M. Si., Kons.  
  2. Dr. Naniek Krishnawati, M.Pd. Kons. 
  3. Dra. Retno Sulistiyanti, M. Si., Kons.
  4. Dra. R. M. Yulyaningsih, M. Si., Kons.
  5. Dra. Rita Ratna Pertiwi
  6. Dra. Entin Subiarni
  7. Dra. Sri Rahmina Utami, Kons.
  8. Dra. Setianingrum, M. Pd.
  9. Dra. Sumartini
  10. Sri Apsrilyanti Kartina Susiwi, S. Pd.
  11. Revitia Thalita Salsabila, S. Pd.

                                                        Konselor Kegiatan Pendampingan Psikologis

Kegiatan hari pertama di SMAN 13 Jakarta dihadiri sebanyak 73 peserta didik yang didampingi oleh 11 konselor dan dibagi ke dalam tiga kelompok. Adanya kegiatan ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap psikologis peserta didik. 










 
Top