IBKS


Genta Demokrasi, Jakarta Utara-Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah (IBKS), merupakan organisasi profesi guru BK seluruh Indonesia, Selasa (15/03/2022) lalu telah menyalurkan bantuan donasi untuk korban gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dra Tuti Sukarni,M.Si.,Kons selaku Ketua Pusat Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah (IBKS) menjelaskan, bantuan donasi yang kami salurkan bagi korban gempa di Pasaman Barat berupa uang tunai. Donasi berupa uang tersebut diperoleh dari guru-guru BK yang menaruh kepedulian terhadap kesulitan korban.

Penyaluran bantuan dilakukan oleh Perwakilan guru BK yang terdekat dilokasi gempa yakni, Lily Sumeri bertugas SMKN 10 Padang 2. Nurhamidah, tugas SMAN 1 Padang3. Yulisna wati, tugas SMAN 2 Pariaman 4. Septilawati, tugas SMTI Padang 5. Serta Husen, Guru P3K yang baru lulus.

“Untuk mempermudah penyaluran bantuan bagi korban gempa Pasaman dalam hal ini penyalurannya langsung dilakukan oleh Perwakilan guru BK yang terdekat dilokasi gempa,”ujar Tuti, melalui pesan tertulisnya yang diterima media ini, Kamis (17/03/2022).

Adapun bantuan donasi berupa uang tersebut diberikan untuk membangun kembali rumah yang rusak pasca gempa dengan jumlah keluarga yangg dibantu berjumlah  21 Kepala Keluarga (KK).

“Perwakilan IBKS langsung ke lokasi dengan lokasi yang di kunjungi yakni Kabupaten Pasaman, serta Kabupaten Pasaman Barat. Kami berharap bantuan tersebut setidaknya dapat meringankan beban saudara kami yang tertimpa musibah dan kami berharap saudara kami yang tertimpa musibah dapat segera bangkit kembali menata kehidupan yang lebih baik lagi,”tambahnya.

Dalam kesempatan itu ia turut menjelaskan, kegiatan peduli bencana sudah kerap kali dilaksanakan IBKS di berbagai daerah.

“Bermula ketika IBKS mendapat kepercayaan Prof.Dr.Muhajir,M.Pd pada tahun 2018 lalu ketika beliau menjabat sebagai Mentri Pendidikan, untuk menangani trama guru dan siswa hadir di sekolah pasca gempa NTB. Berlanjut ke Palu,Sigi,Donggala, Lampung dan Banten,”terang Tuti.

 
Top